Anda pasti sering mengeluhkan kondisi pintu kamar mandi yang mudah sekali rusak. Ya, kerusakan seperti ini sebenarnya wajar karena kamar mandi merupakan area lembab yang selalu terkena percikan air. Oleh sebab itu, Anda harus pandai memilih material pintu kamar mandi agar bisa awet dan tahan lama. Berikut rekomendasi memilih material pintu kamar mandi yang tepat. 

Pintu kamar mandi bahan PVC

Bahan pertama yang wajib dipertimbangkan adalah PVC atau vinyl. Kelebihan utama bahan PVC sehingga banyak orang memilih material pintu kamar mandi dari bahan ini adalah tahan air, anti korosi serta memiliki nilai seni dibandingkan bahan lain. Selain itu, perkembangan motif dan desain pintu kamar mandi bahan PVC lebih bervariasi. Anda mudah menemukan pintu yang menyatu dengan kusen memiliki desain bunga dan lain-lain.

Harga pintu kamar mandi bahan PVC juga relatif lebih murah dibandingkan bahan pintu yang lain. Perawatan pintu PVC juga lebih mudah sebab Anda tinggal membersihkan menggunakan lap bersih. Setiap kelebihan tentu memiliki kekurangan seperti bahan PVC yang dianggap terlalu ringan dan mudah pecah. 

Pintu kamar mandi bahan kaca

Memiliki pintu kamar mandi dengan bahan kaca jelas akan memberikan kesan mewah. Tak heran jika pintu kamar kaca kerap dipasang di hotel atau apartemen eksklusif karena harga yang terbilang mahal. Kelebihan material pintu kamar mandi kaca bisa memberikan kesan elegan dan lapang. Namun, ada pula kekurangan yang harus Anda perhatikan yaitu bahan yang relatif berat.

Cara membersihkan pintu bahan kaca juga membutuhkan perhatian khusus sebab Anda harus memakai cairan kimia khusus, seperti pada artikel berikut ini (Baca Disini). Jika tidak berhati-hati saat membuka atau menutup pintu, bisa jadi pintu kaca terbentur benda keras bisa langsung retak atau pecah. Sebaiknya Anda memilih pintu bahan ini jika memang memiliki kamar mandi dalam ruangan.

Pintu kamar mandi bahan alumunium

Bahan terakhir yang mungkin wajib Anda pertimbangkan adalah material pintu kamar mandi dari alumunium. Bahan ini tidak mudah korosi, tahan terhadap air dan rayap. Alumunium lebih awet dan mudah dalam pembersihannya. Toh, banyak sekali desain pintu alumunium yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti kaca. Harga pintu bahan alumunium juga kompetitif sebanding dengan daya tahan yang ditawarkan.

Kekurangan material pintu kamar mandi satu ini adalah perubahan presisi karena intensitas pemilik rumah membuka atau menutup pintu. Selain itu, warna alumunium cukup terbatas bagi Anda yang ingin menginginkan estetika ruangan anti mainstream. Namun, warna alumunium tidak mudah memudar asal dirawat dengan benar atau Anda bisa melakukan pengecatan ulang, namun selain itu kualitas pintu kamar mandi aluminium juga tergantung dari produsen pintu toilet nya.

Tiga kelebihan dan kekurangan material pintu kamar mandi di atas bisa Anda jadikan referensi tersendiri. Nah, mana yang bakal Anda pilih antara pintu kamar mandi bahan PVC, kaca atau alumunium?

Pin It on Pinterest

Share This