Kamar mandi merupakan bagian penting dalam sebuah rumah yang mendukung aktivitas harian. Terkadang bagian vital ini sering diabaikan karena letak yang cukup tersembunyi. Namun, Anda wajib memperhatikan detail interior kamar mandi yang menunjang kegiatan MCK lebih nyaman. Salah satu desain interior yang wajib Anda pertimbangkan adalah model pintu kamar mandi.

Pilih model pintu konvensional atau geser?

Sebenarnya model pintu kamar mandi bisa Anda selaraskan dengan konsep hunian sendiri. Kalau Anda memiliki kamar mandi model minimalis, sebaiknya pilih desain pintu kamar mandi yang lebih praktis seperti pintu geser yang menghemat ruang. Pastikan mempertimbangkan arah pintu terbuka atau tertutup untuk kamar mandi berukuran sempit. Pemilihan pintu kamar mandi juga harus sesuai dengan jenis kamar mandi rumah Anda.

Jika Anda memiliki kamar mandi basah atau wastafel, bath ub dan shower dalam suatu ruangan, sebaiknya memilih pintu kamar mandi yang terbuat dari material tahan air. Kamar mandi kering atau bath ub dan shower memiliki ruang tersendiri, bisa memilih model pintu kamar mandi dari bahan kayu yang lebih natural dan elegan. Bisa pula memilih model pintu dari material lain agar terkesan lebih modern. Berikut detail material pintu kamar mandi yang bisa Anda pertimbangkan ulang.

Pintu kamar mandi kayu
Model pintu kamar mandi berbahan kayu memang banyak dipilih untuk hunian tropis. Namun, kalau konsep kamar mandi Anda tergolong basah, sebaiknya tidak menggunakan bahan kayu. Pasalnya, material kayu lebih rentan rusak dan rapuh bila terkena air dan udara yang lembab.

Pintu kamar mandi alumunium
Pintu kamar mandi berbahan alumunium cocok dengan jenis kamar mandi basah sebab tahan terhadap karat dan lembab. Hanya saja tampilan pintu bahan alumunium ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan desain artistik. Bahan alumunium cenderung kaku dan kurang menarik untuk kamar mandi privat.

Pintu kamar mandi PVC
Bahan PVC memang paling sering dicari banyak orang sebab memiliki beberapa kelebihan. Model pintu kamar mandi PVC lebih beragam dan menarik misalnya motif urat kayu, bunga dan lain-lain. Selain itu, kelebihan bahan ini lebih tahan terhadap karat, tidak mudah rapuh, anti rayap dan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bahan kayu atau kaca.

Pintu kamar mandi kaca
Pilihan terakhir yang bisa Anda terapkan untuk kamar mandi Anda adalah pintu kaca. Namun, pastikan bahwa kamar mandi Anda aman dan hanya digunakan untuk privasi diri sendiri. Bahan kaca ini juga cocok untuk tampilan kamar mandi yang memiliki konsep mewah. Pastikan perawatan khusus terhadap pintu kaca ini agar cipratan air tidak meninggalkan noda yang membuat tampilan kaca kurang menarik.

Model pintu kamar mandi bisa disesuaikan dengan konsep dan keinginan Anda sebagai pemilik rumah. Sebaiknya sesuaikan jenis pintu kamar mandi sesuai dengan budget yang ada. Nah, model pintu mana yang bakal Anda pilih untuk kamar mandi di rumah?

Pin It on Pinterest

Share This