Semua orang pasti sering mengalami rasa jengkel luar biasa karena pintu kamar mandi mudah sekali rusak. Apa yang menyebabkan pintu kamar mandi tidak tahan lama? Ya, pintu kamar mandi adalah salah satu bagian dari ruangan yang selalu lembab. Tak heran kalau bakteri dan jamur kerap bersarang di pintu dan membuatnya mudah rusak. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh material pintu kamar mandi.
Selain material, ada baiknya kalau Anda juga menerapkan tips membuat pintu kamar mandi awet berikut ini.

Tips Sederhana Membuat Pintu Kamar Mandi Awet dan Tahan Lama

        1. Memilih material pintu kamar mandi yang tepat
          Ada tiga bahan yang biasanya dipilih sebagai pintu kamar mandi yaitu kayu, alumunium dan vinyl. Tentu setiap bahan pintu kamar mandi yang dipilih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memilih pintu kayu maka sebaiknya diaplikasikan pada ruangan yang besar. Sebab material kayu akan mudah rusak bila terkena cipratan air terus menerus.
          Memilih bahan pintu kamar mandi alumunium memang tahan air dan anti korosi namun cukup berisik saat terbuka atau tertutup. Sedangkan bahan vinyl merupakan bahan yang anti air dan korosi serta tidak terdengar berisik sehingga banyak dipilih orang. Menentukan material yang baik adalah tips pertama membuat pintu kamar mandi awet yang wajib diperhatikan.
        2. Menggunakan lapisan alumunium di bagian bawah pintu
          Tips membuat pintu kamar mandi awet adalah membuat lapisan alumunium di bagian bawah pintu kamar mandi. Bagian bawah merupakan bagian yang sering terkena air dan mudah rusak. Persiapkan saja bahan yang dibutuhkan seperti satu set lembar alumunium, tang rifet, paku rifet, gunting, palu dan bor listrik.
          Caranya Anda tinggal menggunting lapisan alumunium yang setebal pintu dan memasangkannya pada sisi luar. Lepaskan dulu pintu dari engselnya dan pastikan lapisan alumunium menempel dengan baik. Anda bisa menggunakan bor listrik untuk membuat lubang paku, masukkan paku rifet dengan tang dan rapikan dengan palu.
        3. Menggunakan krim tartar pada pintu alumunium
          Anda bisa menggunakan dua sendok krim tartar yang dicampur dengan seliter air mendidih. Lapiskan pada pintu alumunium menggunakan kuas, lalu lap permukaan pintu kamar mandi sampai bersih.
        4. Menggunakan spons dan detergen pada pintu vinyl
          Tips membuat pintu kamar mandi awet dari bahan vinyl bisa menggunakan spons yang telah dimasukkan dalam campuran detergen dan air. Usapkan pada pintu vinyl dan lap sampai kering.
        5. Mengganti engsel pintu kamar mandi jika sudah rusak
          Jangan biarkan pintu engsel rusak selama beberapa waktu hingga pintu kamar mandi menggantung di satu bagian.

        Beberapa tips membuat pintu kamar mandi awet tersebut bisa Anda aplikasikan pada pintu kamar mandi di rumah. Cara efektif tersebut bisa meminimalisir biaya pengeluaran akibat pintu kamar mandi yang mudah rusak.

Pin It on Pinterest

Share This