Kusen kamar mandi dengan pintu kamar mandi merupakan 2 komponen bangunan yang pastinya selalu ada di dalam rumah Anda, atau pun pada fasilitas umum lain. Kedua komponen ini tidak dapat terpisahkan antara satu sama lain. Tips memilih kusen pintu kamar mandi pun diperlukan untuk mempercantiknya

Sayangnya, kita sering tidak memperhatikan bagaimana bagian kusen dan juga pintu. Hal ini biasanya baru dapat diamati ketika Anda telah membangun rumah Anda sendiri dan juga melengkapinya dengan kamar mandi.

Berikut ini merupakan beberapa contoh kusen dan juga pintu yang digunakan pada berbagai tempat. Dari sini Anda bisa tahu bagaimana tips memilih kusen pintu kamar mandi yang cocok dengan kondisi rumah Anda.

1. Kamar mandi hotel

Kamar mandi hotel memiliki desain yang berbeda–beda, sesuai dengan tingkatan dan gaya arsitekturnya. Namun pada sebagian besar hotel berbintang, kusen dan juga daun pintu yang digunakan yaitu berbahan dasar kayu. Ini dibuat dengan tujuan agar pintu kamar mandi tidak terkena cipratan air dari kamar mandi secara langsung.
Penggunaan kusen dan pintu dengan bahan dasar ini juga sangat cocok Anda terapkan untuk hunian Anda agar kesan elegan dan minimalis bisa Anda dapatkan.

2. Kamar mandi kantor

Daun pintu dalam kamar mandi kantor biasanya terbuat dari frame alumunium berwarna hitam dengan kaca hitam yang tidak tembus pandang, sehingga tidak akan terlihat dari luar. Selain itu, kusen yang digunakan biasanya juga berbahan alumunium.
Sebenarnya, bahan dasar alumunium ini tidak terlalu cocok untuk digunakan di rumah namun juga bisa cocok  tergantung produsen pintu tolitelnya, karena bahannya yang terkesan kaku dan juga menimbulkan suara berisik ketika dibuka.

3. Kamar mandi di SPBU atau rest area

Jika Anda memiliki hobi bepergian, maka Anda tentu akrab dengan SPBU maupun rest area. Rata-rata daun pintu dengan kusen yang digunakan di dalam kamar mandi SPBU atau rest area ini menggunakan bahan alumunium, seperti kamar mandi kantor pada umumnya. Kusen dan pintu jenis ini juga tidak cocok diterapkan pada hunian.

4. Kamar mandi perumahan

Jika Anda tinggal di area perumahan, biasanya tipe kusen dan pintu yang digunakan dalam kamar mandi yaitu berbahan dasar fiber atau plastik dengan motif yang beragam, mulai dari polos hingga bercorak.

Nah, itulah beberapa kusen dan pintu yang sering digunakan di berbagai tempat dan dapat Anda jadikan sebagai panduan tips memilih kusen pintu kamar mandi. Jika Anda mencari jenis kusen dan pintu yang cocok bagi hunian Anda, Anda dapat memilih jenis kusen dan pintu seperti yang dimilik hotel dan juga perumahan, yaitu berbahan dasar kayu dan fiber.

Dengan tips memilih kusen pintu kamar mandi diatas, Anda akan dapat melengkapi tampilan hunian Anda menjadi lebih lengkap dan juga artistik. Baik berbahan kayu atau pun fiber, pilihannya tergantung dari selera Anda. Gunakanlah jenis pintu dan kusen yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda atau Anda juga bisa memilih bahan alternatif seperti berikut ini (baca disini).

Pin It on Pinterest

Share This